KODE IKLAN DISINI
KODE IKLAN DISINI
Tahap Belajar SEO Bagi Pemula
Bagi kalian yang ingin belajar SEO dengan cepat,mudah dan praktis maka disini Anda dapat belajar SEO bagi pemula/newbie yang masih polos dari tahap ke tahap dengan lengkap. simak dan
terapkan informasinya. SEO cukup fleksibel untuk mengakomodasi
kebutuhan, keinginan atau kekurangan. Kemudian SEO ini juga akan membawa
bisnis Anda ke tingkat lanjut.
Dan berikut ini adalah Tahap Belajar SEO Bagi Pemula ataupun untuk tambahan informasi yang bagus untuk Anda tentang SEO :
Tahap 1: Pengaturan Utama
Selama tahap setup awal, Anda harus
mempersiapkan diri untuk sukses. Seperti sebuah rumah, butuh pondasi
yang kuat sebelum dibangun, begitu pula strategi SEO. Pondasi dalam hal
ini terdiri dari alat-alat seperti Google Analytics, Google AdWords dan
Google Webmaster Tools.
- Google Analytics akan memainkan peran utama dalam melacak dan menganalisis bagaimana pengunjung yang berinteraksi dengan situs Anda. Karena gratis dan intuitif, menjadi menjadi menu wajib kampanye SEO. Selain membuat akun dan menambahkannya ke situs Anda, Anda harus membaca tentang fitur yang ditawarkan.
- Google AdWords sangat berguna karena berkaitan dengan SEO untuk kemampuan penelitian keyword. Alat canggih ini memungkinkan Anda untuk mengetahui apa yang pengguna cari sehingga Anda dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.
- Google Webmaster Tools memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil maksimal dari usaha SEO dengan mengajak Anda melihat situs Anda melalui mata Google. Toolset ini memberi Anda wawasan yang tajam tentang apa yang dilakukan halaman, di mana link yang mengarah ke sana, keyword yang bekerja dan aspek-aspek yang perlu diperbaiki. Sangat berguna untuk membaca Panduan Webmaster Google.
Tahap 2: Audit Situs
Jika Anda sudah memiliki situs, lakukan
audit situs saat memulai SEO Anda. Setiap saat Google menjadi lebih
ketat dengan aturan dan penaltinya. Cara terbaik untuk memastikan situs
Anda terhindar dari penalti adalah melakukan audit situs secara rinci.
Dan untuk tahu bagaimana Audit SEO di Situs/Web Anda maka bisa baca
sebelum nya artikel kami bagaimana caranya melakukan Audit SEO.
Alat untuk mengaudit situs adalah Moz
Site Audit Checklist. Sebagai sumber yang dapat dipercaya, daftar
rincinya sangat bagus untuk memeriksa segala sesuatu dari konten dan
aksesibilitas arsitektur situs dan link internal. Pilihan lain adalah
WooRank. Alat audit situs ini secara otomatis memeriksa dan menganalisa
banyak item pada checklist Moz. Sementara audit situs mungkin memerlukan
waktu dan energi, itu benar-benar diperlukan untuk SEO. Penalti yang
ada sebelumnya menjadi lebih berat dan akhirnya hasil kerja keras Anda
menjadi sia-sia.
Tahap 3: Dengan atau Tanpa WWW
Bagian yang sangat penting dari SEO
tergantung pada WWW yang ada di depan alamat situs Anda. Jika Anda tidak
berhati-hati, Anda bisa membuat kesalahan fatal karena ini. Orang
sering ragu apakah harus mengetikkan www.domain.com atau domain.com
untuk masuk ke sebuah situs. Pada intinya, ini adalah tentang bagaimana
search engine melihat situs web Anda dan bagaimana link yang mengarah ke
situs Anda diperlakukan. Penting untuk memilih hanya satu dari dua
pilihan itu. Jika Anda memilih keduanya, search engine akan melihat
situs Anda sebagai dua lokasi terpisah, ini dapat merusak peringkat dan
kualitas link Anda .
Tahap 4: Penelitian Keyword
Beberapa ahli mengatakan penelitian
keyword adalah bagian paling penting dari SEO. Sulit untuk
diperdebatkan, karena ada banyak statistik yang mendukungnya. Jika Anda
serius dengan SEO, Anda perlu melakukan penelitian keyword. Agar situs
Anda terpilih dari milyaran permintaan pencarian Google per bulan, Anda
harus tepat mengoptimasikannya. Dengan penelitian keyword, akan mudah
memperoleh pemahaman tentang apa yang audiens cari. Berikut adalah
contoh dari alat yang berguna yang dapat Anda gunakan:
- Google AdWords Keyword Planner
- Google Suggest
- Ubersuggest
- Google Trends
- Google Webmaster Tools
Tahap 5: Navigasi
Ada dua pentingnya navigasi bagi SEO.
Pertama, bagi pengunjung untuk dapat menavigasi dengan lancar dan cepat
menjelajahi situs Anda. Kedua, search engine harus menemukan hubungan
yang jelas antara link dengan halaman.
Untuk mencapai keduanya, perlu dibangun
navigasi universal. Identifikasi mengapa pengunjung datang ke situs
Anda, apa yang keluar halaman utama Anda dan apa istilah pencarian yang
digunakan di situs. Anda juga harus membagi produk dan halaman kunci ke
dalam kategori dengan nama yang sesuai. Terakhir, tempatkan kategori
tadi di navigasi universal dan jaga agar tetap sederhana. Jika Anda
menggunakan drop down menu, harus dalam HTML agar search engine
membacanya. Jika halaman produk Anda memiliki lebih dari 20 item,
pertimbangkan untuk menambahkan filter bagi pengunjung untuk
mempersempit pencarian mereka.
Tahap 6: Konten On-Page
Anda perlu konten berkualitas bagi
pengunjung. Algoritma terbaru Google menekankan pada tulisan berkualitas
dan berguna, bukan penggunaan keyword yang berat. Hindari keyword
isian, hitung jumlah keyword. Cara terbaik adalah menargetkan satu frase
keyword per halaman. Adapun struktur, setiap halaman harus memiliki
pengaturan dan judul yang berbeda.
Tahap 7: Meta Tags
Untuk memahami nilai meta tag, Anda
harus berpikir melalui mata pengguna search engine. Bila Anda mencari
sesuatu, bagaimana Anda menentukan hasil untuk mengklik? Kemungkinan
besar Anda menganalisis beberapa hasil pertama dan membaca beberapa kata
dari judul dan deskripsi yang menyertainya. Sebagai sebuah situs, Anda
hanya memiliki karakter string terbatas untuk membujuk pengguna agar
mengklik hasilnya dari jutaan lain yang tersedia. Kalimat deskriptif ini
dikenal sebagai meta tag.
Situs Anda akan meningkat tajam dengan
meta tag. Setiap deskripsi meta harus sekitar 160 karakter dan harus
mencakup frase keyword alami. Juga penting untuk menyertakan semacam
panggilan untuk bertindak. Hal ini sulit untuk dicapai dengan beberapa
kata serta memerlukan perencanaan dan pemikiran yang matang. Jika Anda
sudah melakukan penelitian keyword dan konten situs secara efektif,
semuanya akan sesuai tempatnya.
Tahap 8: Robot.txt
Robots.txt adalah file teks yang Anda
masukkan di situs Anda untuk memberitahu search engine halaman mana
mereka diizinkan untuk mengunjungi. Kode ini tidak wajib, tapi membantu
dalam jika ada halaman yang Anda tidak inginkan untuk dimasuki robot
pencari. Ibarat tanda “Jangan diganggu”. Pencuri tetap masuk jika mereka
mau, tetapi kebanyakan orang tidak. Pastikan file robots.txt Anda ada
di direktori utama situs Anda dan terstruktur secara tepat.
Tahap 9: Sitemap
Meski situs Anda bagus, terstruktur
dengan baik, percuma jika orang tidak dapat melihatnya. Untuk mendapat
jumlah maksimum traffic dan visibilitas, situs Anda harus diindeks oleh
search engine dan direktori, seperti DMOZ. Jika tidak, Google, Yahoo dan
Bing tidak mungkin menemukan halaman yang paling relevan di situs Anda
untuk ditampilkan.
Banyak teknik dan alat yang menjanjikan
situs Anda diindeks oleh search engine. Namun, memakan waktu. Cara yang
paling dapat diandalkan untuk mengarahkan search engine dan pengunjung
melalui konten situs Anda adalah dengan membuat sitemap. Dengan sitemap
HTML, pengunjung dengan cepat dapat menavigasi situs Anda. Juga sitemap
XML yang dibaca oleh search engine untuk memastikan halaman yang paling
relevan dari situs Anda ditampilkan.
Tahap 10: Off-Page
Selain pekerjaan yang Anda masukkan ke
dalam situs Anda, Anda perlu bekerja di luar halaman Anda. Bangun link
melalui pemasaran konten, menulis blog, guest blogging, infographics,
direktori situs dan alat-alat lain untuk meninggalkan jejak secara
online mengarah kembali ke situs Anda. Upaya Off-page juga mencakup
pemasaran sosial media. Jika digunakan dengan benar, situs seperti
Facebook, Twitter, Pinterest dan Instagram bisa menjadi alat bantu dalam
mendapatkan traffic. Apa pun yang Anda lakukan, hindari teknik black
hat SEO untuk upaya off-page.
Kesimpulan
Selain SEO untuk pemula dengan Tahap belajar SEO aturan tadi, Anda harus memahami
pentingnya membangun kepercayaan online dengan menggunakan Verifikasi
Penulis Google+ dan WOT. Alat-alat ini membantu Anda untuk membangun
reputasi yang sehat dan hubungan kepercayaan dengan search engine dan
pengunjung. Mendaftarkan nama domain Anda selama minimal 5 tahun juga
menanamkan kepercayaan dan menunjukkan bahwa Anda berencana untuk berada
di sekitar untuk jangka panjang.
Sekian Tahap Belajar SEO Bagi Pemula. semoga bermanfaat . Apabila ada pertanyaan atau hal lainnya silahkan kirim komentar di bawah. Terima kasih.
mantep infonya gan
ReplyDeleteNICE
ReplyDeletethank gan infonya
ReplyDelete